Friday, July 12, 2013

Sejarah Musik POP

Sejarah musik pop bermula sejak Perang Dunia I berakhir pada tahun 1918. Di Amerika Serikat, aliran musik ini semakin digemari sekitar tahun 1920. Nama musik pop itu sendiri merupakan kepanjangan dari popular maka tidak heran jika dari masa ke masa aliran musik ini selalu banyak peminatnya.
Tokoh yang memperkenalkan istilah pop yaitu Lawrence Alloway, seorang pengamat seni rupa yang terinspirasi nama pop dari gerakan seni rupa di Amerika dan Inggris. Musik pop di Amerika Latin pun mulai dikenal sekitar tahun 1920 juga sebagai musik pengiring dansa Tango yang bertangga nada minor dan melankolis.
Antara tahun 1930 hingga 1940, sejarah musik pop mulai menjadi salah satu musik yang digemari seluruh dunia dengan berbagai irama seperti Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo dan lain sebagainya. Sejarah musik pop tidak pernah pudar karena musiknya yang easy listening. Selain itu, musiknya ditunjang oleh penggunaan berbagai inovasi teknologi dan tidak terbatas hanya pada satu aliran tertentu.
Misalnya saja, nada-nada yang dihasilkan dari proses mixing atau gitar listrik dapat bervariasi dan enak didengar. Musik pop merupakan salah satu genre musik popular, jadi sebenarnya musi k pop dan musik popular sangatlah berbeda. Segala musik yang dapat sangat digemari disebut sebagai musik populer.
Ada sekitar 25 aliran musik populer antara lain hip-hop, R&B, rock, Reggae, metal, alternative pop, dan lain-lain. Dengan demikian, sejarah musik pop ikut dipengaruhi oleh anggota aliran musik lainnya. Walaupun pengaruh aliran musik lain tidak dapat terlepas dari musik pop, namun aliran ini memiliki karakter yang berbeda dengan musik klasik, jazz, rock, atau blues karena memiliki karakter yang berbeda dan mampu berkembang dengan sendirinya.
Salah satu aliran campuran musik pop dengan aliran lain adalah aliran musik pop punk. Pop punk merupakan gabungan antara aliran musik pop dan rock yang digambarkan sebagai rock alternatif. Aliran musik ini mengandalkan perubahan chord dan gitar keras, serta gabungan antara melodi pop punk dengan tempo cepat. 

Sejarah Musik Pop Dunia dan Para Pemain Legendarisnya

Legenda sejarah musik pop dunia digawangi oleh The Beatles yang menyimbolkan suatu pemberontakan terhadap kemapanan musikal. Posisi mereka berhasil mencapai jajaran tingkat atas musisi dunia sehingga tidak heran kalau musik-musiknya abadi. The Beatles menjadi idola dari hampir semua generasi.
Selain The Beatles, ada Rolling Stones dan ABBA yang juga menjadi musisi nuansa pop yang terkenal di jamannya. Di tahun 1960an, The Beatles dengan beberapa seniman pop seperti Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, Sonny dan Cher, Aretha Franklin menciptakan sejarah musik pop yang easy listening dengan memcampurkan berbagai elemen.
Mulai pada tahun 1970an, terlihat beberapa musisi yang menggabungkan pop dengan aliran disko dan rock termasuk di antaranya Earth Wind & Fire, The Jackson Five, Donna Summer, Elton John, Rod Steward, dan Billy Joel. Menurut Grove musik online, musik pop di Amerika masih tumpang tindih dengan gaya musik Rock and Roll.
Michael Jackson dan Madonna juga merupakan musisi yang turut menorehkan sejarah musik pop dunia pada tahun 80an. Musisi sejarah musik pop punk yang muncul di pertengahan tahun 1990-an  antara lain Green Day, the Offspring, lalu diikuti oleh Blink-182. Selama tahun 1990-an, musik pop dikombinasikan dengan unsure genre R&B dengan menghasilkan bintang pop R&B antara lain Celine Dion, Mariah Carey, TLC, dan Brandy. Untuk beberapa vokalis seperti Jewel, Nirvana, Eric Clapton, Tori Amos akan terasa sekali adanya aliran rock dalam musik pop mereka. 

Sejarah Musik Pop di Indonesia

Sejarah musik pop mulai berkembang dari tahun ke tahun, mulai menyebar ke seluruh penjuru Negara. Variasi unsur musik dan teknologi canggih semakin dimanfaatkan untuk menambah daya tarik aliran musik ini. Sejarah musik pop pun berkembang di Indonesia sejak tahun 1960-an dengan banyaknya penggemar dikalangan muda atau remaja.Grup musik yang membawa sejarah musik pop di Indonesia yaitu Koes Plus.
Grup musik pop ini mulai terkenal pada tahun 1970-an. Puluhan bahkan hingga ratusan lagu pop diciptakan dengan berbagai versi yang berbeda, mulai dari irama melayu, pop jawa, pop anak-anak, dangdut, lagu berbahasa Inggris, keroncong, folk song, dan hard beat. Kesederhanaan dalam lirik, musik, dan melodi sangat ditonjolkan dalam karya-karyanya.
Mereka jugalah yang mempelopori musik pop dan rock n roll sehingga pernah dipenjara karena musiknya dianggap mewakili aliran politik kapitalis. Sebenarnya, ketenaran nama Koes Plus itu diawali dengan nama Koes Beraudara. Diganti menjadi nama Koes Plus karena satu anggota saudara Koes yaitu Nomo Koeswoyo keluar sehingga digantikan oleh orang luar. Satu hal yang disayangkan yaitu harmonisasi dari Koes Bersaudara lebih bagus daripada Koes Plus.
Grup lain yang seangkatan dengan Koes Plus pun mau tidak mau harus berkiblat padanya seperti Favourites, Panbers, D’Lloyd, dan Mercy’s. jika dibandingkan dengan musisi pop luar negeri, maka Koes Plus tidak akan kalah dengan The Beatles.
Sejarah musik pop yang dibuat Koes Plus patut mendapat acungan jempol. Lagu-lagunya dapat dinikmati oleh banyak kalangan muda mudi, tukang becak, hingga ibu-ibu rumah tangga. Rentang kejayaan antara tahun 1972 hingga 1976 merupakan masa-masa dimana lagu-lagu Koes Plus diminati oleh semua kalangan pada jaman itu.
Di tahun 1972 Jambore Band di Senayan menobatkan Koes Plus sebagai band terbaik. Karena banyaknya jumlah album yang mereka keluarkan, Guiness Book of Record mungkin pantas mencatat nama Koes Plus sebagai grup musik yang meluncurkan album terbanyak. Walaupun banyak yang menganggap bahwa lagu-lagunya hanya mengandalkan tiga kunci C-F-G, Koes Plus mampu membuktikan bahwa lagu-lagunya sangat enak didengar. 
Ketenaran grup musik Koes Plus mulai meredup sekitar tahun 1976 seiring dengan bermunculannya penyanyi solo dan grup band yang semakin banyak menghiasi dunia musik Indonesia. Begitulah alur perkembangan musik pop yang bisa menjadi sangat popular pada satu masa, dan menghilang dalam kurun waktu tertentu dengan digantikannya oleh generasi musik pop berikutnya. 
Sejarah musik pop juga membedakan jenis alirannya berdasarkan usia. Ada musik pop anak-anak dan musik pop dewasa. Syair yang lebih pendek dengan bentuk yang sederhana merupakan gambaran dari musik pop anak-anak.
Temanya pun tidak jauh-jauh dari hal-hal yang mendidik seperti sekolah, tanah air, mencintai orang tua dan Tuhan.Sedangkan musik pop dewasa mengusung tema yang bervariasi seperti percintaan, kehidupan remaja, hingga kritik sosial.
Musisi pop Indoneia yang terkenal adalah Titiek Puspa, Chrisye, Melly Goeslow, Katon Bagaskara, Ari Lasso, Ahmad Dhani, dan masih banyak lagi. Band dengan peralatan modern merupakan sebutan untuk grup musik aliran pop. Alat musik yang bisaa dipakai antara lain gitar melodi, rhythm, drum, bass gitar, dan piano.
Ritme bebas dengan dominasi permainan drum dan gitar merupakan salah satu ciri musik pop.Grup-grup band beraliran pop di Indonesia pun mulai bermunculan seperti Gigi, Sheila on 7, Peterpan, Ada Band, dan lain sebagainya. Menjamurnya musik pop ini, sebenarnya memberikan manfaat bagi anak-anak bangsa untuk berkreasi.
Coba saja ingat-ingat betapa grup musik seperti Dewa, Slank, Padi, /Rif, Jikustik, Cokelat menjadi tuan rumah bagi musik pop di negeri sendiri. Grup band aliran pop yang ada saat ini diharapkan mampu membuat lembaran sejarah musik pop baru untuk generasi berikutnya, sehingga aliran pop akan terus ada sampai kapan pun yang tentu saja tetap mengutamakan kualitas dalam setiap karyanya.

Sejarah Musik Pop di Indonesia dan Dunia

Musik merupakan salah satu bentuk karya seni yang diciptakan oleh manusia. Musik pun merupakan sarana hiburan bagi menusia. Karya seni yang sangat memasyarakat ini memiliki banyak aliran jenis musik, salah satunya adalah aliran musik populer atau dikenal dengan sebutan musik pop. Musik pop pertama kali dikembangkan oleh Thomas Edison di Amerika Serikat pada 1920. Hal itu menjadi awal perkembangan sejarah musik pop.
Menurut sejarah, sejak dikembangkan di Amerika Serikat pada 1920, jenis musik pop mulai digemari dan populer. Musik pop mulai menyebar ke seluruh dunia. Sejarah musik pop pun mencatat bahwa musik pop berbeda dengan musik klasik, musik jazz, musik blues, dan lainnya.

Sejarah Musik Pop di Indonesia

Walaupun asal muasal sejarah musik pop berasal dari Amerika Serikat, Indonesia pun mendapatkan pengaruh dari penyebaran musik pop di dunia. Menurut sejarah, Indonesia mulai dipengaruhi musik pop sejak The Beatles mengguncang dunia dengan hits-hits lagunya. Sejak kemerdekaan diraih Indonesia dari tangan penjajah, musik pop mulai memasuki Indonesia. Grup musik asal Indonesia yang pertama kali mengusung aliran musik pop adalah Koes Plus.
Grup musik yang digawangi oleh Koes bersaudara ini asalnya bernama Koes Bersaudara. Kiprah grup band legendaris Indonesia ini tidaklah mulus. Grup musik yang membawakan aliran musik pop ini pernah mengalami hidup di balik hotel prodeo. Mendekamnya pelopor sejarah musik pop di Indonesia ini ditenggarai karena musik yang diusung Koes Plus memiliki muatan politik kapitalis yang saat itu di Indonesia sedang menggalakkan gerakan antikapitalis.
Kiprah Koes Ploes dalam blantika musik Indonesia, khususnya musik pop tidak diragukan lagi. Telah banyak karya yang menjadi hits di zamannya, misalnya “Bis Sekolah”, “Di Dalam Bui”, “Telaga Sunyi”, dan masih banyak hits-hits lainnya. Karya-karya yang dihasilkan Koes Plus menjadi tonggak perkembangan sejarah musik pop di Indonesia.
Dalam perjalanan karier musiknya, Koes Plus diguncang dengan keluarnya salah satu anggotanya, yaitu Nomo Koeswoyo. Keluarnya salah satu dari Koes Bersaudara ini, kemudian digantikan oleh orang lain yang bernama Murry sebagai drummer. Murry ini berasal dari luar Koes Bersaudara, dalam artian tidak ada hubungan saudara dengan Koes Bersaudara. Masuknya Murry menggantikan Nomo sempat mendapatkan masalah dari personel lainnya, Yok Koeswoyo.
Yok Koeswoyo tidak ingin grup musik yang didirikan oleh sekumpulan orang yang bersaudara ini diselipi oleh orang yang tidak ada hubungan saudara dengan Koes Bersaudara.
Namun seiring waktu berjalan, Murry dapat diterima menjadi bagian dari Koes Bersaudara. Nama grup band Koes Bersaudara pun diubah menjadi Koes Plus. Perubahan nama menjadi Koes Plus ini membawa grup band ini menjadi pelopor dalam sejarah musik pop di Indonesia. Tidak dapat dibayangkan sejarah musik pop di Indonesia jika Koes Plus tidak eksis sejak dulu.
Munculnya Koes Plus sebagai pionir perkembangan musik pop di Indonesia, membuat band-band lainnya yang malang melintang di blantika musik Indonesia menjadikan Koes Plus sebagai patokan atau kiblat musik pop Indonesia. Band seperti Panbers, Mercy’s, dan D’Lloyd menjadikan Koes Plus sebagai acuan dalam berkarya dalam musik pop Indonesia.
Pada 1972-1076, lagu-lagu Koes Plus memenuhi tangga lagu di radio-radio. Pada tahun tersebut pun membawa Koes Plus menjadi band tersukses di zamannya. Sampai sekarang pun, jejak-jejak ketenaran Koes Plus masih terasa dan lagu-lagu hitsnya tidak akan lekang oleh waktu alias akan selalu dikenang dan dinyanyikan kembali oleh penyanyi-penyanyi lainnya untuk mewarnai sejarah musik pop Indonesia.

Sumber : dari Anne Ahira
By : Mr.D
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment